AdvertorialDaerahTanah Bumbu

Sejahterakan Petani di Tanah Bumbu, Dinas Ketahanan Pangan Bantu Mesin Panen Padi

RADARBANUA.CO.ID,TANAHBUMBU – Dorong kesejahteraan petani, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian setempat, memberikan bantuan satu unit mesin panen padi atau combine kepada kelompok tani Setia Tani Desa Karang Mulya, Kecamatan Kusan Hulu.

Penyerahan mesin panen padi atau combine dengan seri Yanmar YH 850, secara langsung diserahkan oleh Kepala Dinas KPP Tanah Bumbu, Hairuddin kepada ketua kelompok tani Setia Tani, Suparmin di Gudang Alsintan DKPP Tanbu, Rabu (18/1/2023).

Hairuddin mengatakan, bantuan mesin panen padi ini sebagai bentuk perhatian serta dukungan dari pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi petani.

“Semoga ini bisa dimanfaatkan semua petani di desa Karang Mulya dan mampu meningkatkan kesejahteraan petani,” ucap dia usai penyerahan bantuan mesin panen padi.

Diharapkan dia, dengan adanya mesin panen padi di Desa Karang Mulya, hasil produksi pertanian di desa tersebut juga dapat meningkat.

“Pesan saya, mesin panen padi ini dirawat bersama agar kebermanfaatannya bisa lama,” pesannya.

Sementara itu, ketua kelompok tani Setia Tani, Suparmin mengakui mesin panen padi jenis combine ini sangat diperlukan oleh anggotanya dan anggota kelompok tani lainnya di Desa Karang Mulya.

“Ini akan dimanfaatkan bukan Cuma anggota dari kelompok tani setia tani, tapi sepuluh kelompok tani di Desa Karang Mulya. Jumlahnya lebih dari dua ratus petani,” terangnya.

Dibeberkan dia, saat panen padi menggunakan mesin combine selain lebih cepat, juga lebih murah.

“Dengan mesin combine, saat panen dalam satu hektar biayanya sekitar Rp 3 juta. Tapi, kalau manual bisa sampai Rp 7 juta,” beber dia. [pri]

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button